Kenal Lebih Dekat dengan Deisme, Pantheisme, dan Panentheisme

Salah satu sikap terkait ketuhanan yang dianut manusia ialah deisme, panenteisme, dan panteisme. Nah, kali ini DSVR2 ingin membahas mengenai apa yang dimaksud dengan sikap tersebut.

Pengertian Deisme

Deisme adalah suatu paham bahwa tuhan adalah sosok personal yang menciptakan alam namun tidak mengintervensi jalannya proses dalam alam ini. Ia seorang watchmaker. Seorang deist melihat proses alam sepenuhnya berjalan menurut hukum alam. Tidak ada mukzijat, wahyu, dan berbagai bentuk intervensi dari tuhan yang sering diklaim umat beragama.

Pengertian Pantheisme

Pantheisme adalah suatu paham yang memandang  keseluruhan yang ada di alam ini adalah tuhan. Seorang pantheis akan melihat batu hingga kotoran sapi sebagai elemen pembentuk tuhan. Jadi bukannya mereka akan melihat batu atau daun sebagai tuham. Ingat kriteria "keseluruhan" dalam pemahaman mereka.

Pengertian Penentheisme

Ilustrasi panentheisme
Panentheisme memandang alam adalah bagian dari tuhan. Jadi, ada bagian lain dari tuhan yang bukan merupakan Tuhan. Definisi alam yang dimaksud panentheisme jelas bukan segala sesuatu yang ada. Sebab bila iya, pandangannya akan menyerupai seorang pantheist.

Apakah deisme, pantheisme, dan panentheisme  theist atau non-theist?

Seorang deis adalah seorang theis. Sebab mereka memahami alam diciptakan oleh sosok yang selanjutnya bisa bersikap tidak peduli. “Suatu sikap tidak peduli” itu, jelas-jelas menunjukkan karakter personal tuhan yang dipahami oleh seorang deist. Mereka memang tidak menyembah tuhan, namun mereka meyakini alam diciptakan oleh kekuatan yang sifatnya personal. 

Berbeda dengan deist, pantheis dan panentheis bisa digolongkan pada grup non theist bersama dengan atheis. Malah, bukan tidak mungkin seorang atheis memiliki pandangan panentheis atau pantheis. Hanya saja, bila memang demikian, ia harus melepas definisi “theis” personal pada sematan a”theist”-nya sendiri. 


Sebagaimana yang disebutkan di atas, baik panentheis dan pantheis memiliki definisi tuhan yang berbeda dibanding definisi tuhan menurut theist. Tuhan menurut pantheis dan panentheis bisa dimaknai sebagai seuatu yang ada.

Apakah Mereka Religus atau Non Religius

Bila definisi agama tidak mengikuti definisi agama menurut KBBI yang begitu sempit, maka panentheis dan pantheis bisa saja dianggap beragama. Agama-agama timur seperti hindu menggunakan konsep panentheisme. Sedangkan deisme sendiri, karena mengikuti definisi agama personal, maka ia bisa digolongkan sebagai non religius.

CMIIW.

0 Response to "Kenal Lebih Dekat dengan Deisme, Pantheisme, dan Panentheisme"

Post a Comment