Ini Dia Daftar Tokoh Ateis Dunia dari Zuckerberg sampai Bill Gates

Berikut ini beberapa nama dalam daftar tokoh ateis dunia yang memiliki gaung besar mempengaruhi budaya dan peradaban. Jelas tidak semua bisa disebutkan. Saya pilih yang familiar saja di telinga orang Indonesia.

Disclaimer: artikel ini tidak dimaksudkan untuk mengajak siapapun menjadi ateis. Artikel ini hanya sebentuk pengetahuan saja mengenai tokoh-tokoh yang tidak mempercayai Tuhan.

1. Karl Marx

Marx tak diragukan lagi merupakan seorang ateis. Ia memandang agama dan berbagai hal di dunia dalam konsep materialistik. Salah satu pandangannya pada agama dapat Anda temukan di pernyataannya yang terkenal, “Agama adalah candu”. Lengkapnya, begini:

“Agama adalah candu. Agama adalah wujud dari mereka yang tertindas, dari dunia tanpa nurani, dan dari jiwa yang tak berjiwa...” 

Tapi jangan suudzon dengan pernyataan Marx di atas ya. Berbeda dengan tokoh atheis yang era ini sedang terkenal seperti Sam Harris, Hirsi Ali, atau Hitchens, Marx tidak memandang agama secara idealistik sebagai konsep membahayakan. Marx sebenarnya tidak sedang menghina orang beragama. Ia hanya merasa agama digunakan untuk menipu rakyat jelata.

Daftar Tokoh Atheis Dunia

2. Sigmund Freud

Bapak Psikoanalisa Sigmund Freud memandang agama sebagai ilusi dari pikiran manusia. Menurutnya, figur tuhan tak ubahnya figur ayah yang begitu dominan. Pada awalnya mungkin dibutuhkan, tapi seiring “anak” dewasa, maka figur tersebut dapat dihapus.
.

3. Stalin

Stalin salah satu figur kunci Uni Soviet. Ia mengungkapkan pandangan atheisnya dengan gamblang. Ia berkata “Tuhan itu tidak ada, Anda telah dibodohi”. Tapi stalin bukan sekedar atheis. Ia juga seorang yang anti teis. 

4. Nietzsche

“Tuhan telah mati” adalah salah satu frasa paling disalahpahami bersamaan dengan “Agama adalah candu”. Nietzsche memang jelas atheis. Tapi frasa Tuhan telah mati adalah frasa selangkah ke depan dari sekedar posisi atheisme. Nietzsche bermaksud mengatakan dengan membunuh sang maha super, maka manusia harus menjadi super. Kalau Marx adalah seorang komunis, Nietzsche merupakan seorang liberal. Ia bahkan menganggap konsep komunisme sebagai konsep bodoh. Seleksi alam harus ada. Beberapa pandangannya terkadang sangat antisemit dan diduga terkait dengan nazisme Jerman kala itu.

5. Richard Dawkins

Dawkins termasuk dalam daftar tokoh ateis dunia yang masuk kategori 4 horsemen. Dawkins juga merupakan seorang ilmuwan biologi. Dalam banyak karyanya, ia memanfaatkan fakta biologi untuk meruntuhkan klaim agama. Sebut saja The Selfish Gene dan The Blind Watchmaker. Meski banyak dikritik dan sering mengeluarkan pernyataan keras seperti sikapnya yang sangat scientism, tak bisa dipungkiri ia adalah sosok yang menarik

6. Mark Zuckerberg

Zuckerberg mungkin tak sekontroversial tokoh atheis lainnya. Tapi ia merupakan seorang yang punya pengaruh besar dengan sosial media ciptaannya. Zuckerberg meski seorang atheis, bukanlah antiteis. Hal ini mungkin juga terkait dengan posisinya sebagai seorang pebisnis (YKWIM).

7. Bill Gates

Bos Microsoft Bill Gates adalah seorang atheis. Hampir sama seperti Zuckerberg, Gates bukanlah orang yang controversial dan tidak termasuk mereka yang antiteis.


8. Daniel Radcliffe

Pemeran Harry Potter, Daniel Radcliffe sempat mengguncang fans-nya dengan kemunculannya di daftar tokoh ateis dari kalangan selebriti. Radcliffe sendiri mengatakan dengan jelas bahwa ia bukan orang yang religius dan tidak percaya adanya Tuhan.

9. Keira Knightly

Artis cantik pemeran Elizabeth dalam Pride and Prejudice pernah mengatakan bahwa bila ia memiliki agama, bisa saja ia menghadapi berbagai hal dengan lebih enak. Tapi karena ia tak percaya agama dan Tuhan, ia harus bertanggungjawab sepenuhnya pada diri sendiri.
.

10. Angelina Jolie dan Brad Pitt

Pasangan Angelina Jolie dan Brad Pitt termasuk dalam daftar artis atheis yang terbuka atas ketidakpercayaannya. Tak heran keduanya jarang ditemukan di berbagai perayaan keagamaan.

0 Response to "Ini Dia Daftar Tokoh Ateis Dunia dari Zuckerberg sampai Bill Gates"

Post a Comment