ussui Ini 14 Artis Ateis yang Tak Percaya Tuhan dari Brad Pitt sampai Bjork

 Kalau Anda cari di daftar artis Indonesia untuk menemukan satu saja yang atheis, usaha Anda bagai mencari jarum di tumpukan jerami. Tapi tidak demikian untuk menemukan daftar artis atheis di level internasional. Kultur Amerika dan Eropa yang mendominasi entertaiment dunia, tidak mengkriminalkan seseorang yang mengaku atheis. Meski prasangka buruk tak bisa dikatakan tidak ada.


Artis Atheis atau Tak Percaya Tuhan

Dan mereka bukannya monster kok. Banyak orang Indonesia memicingkan mata ketika mendengar kata atheis. Seringkali kata tersebut dikaitkan dengan komunis dan pengkhianat Pancasila. Padahal ya belum tentu demikian. Siapa yang akan menyebut Daniel Radcliffe –si pemeran Harry Potter- adalah komunis? Mungkin hanya orang gila yang akan mengatakannya. Jadi, berikut ini 14 daftar artis yang tak percaya Tuhan yang kiprahnya tak diragukan lagi, termasuk popularitasnya di Indonesia.
.

14 Artis Ateis Hollywood

1. Keira Knightly

Artis cantik pemeran Pride and Prejudice dan Anna Karenina ini mengaku bukan orang yang percaya Tuhan. Meski demikian Keira pernah mengatakan bahwa ia merasa iri dengan mereka yang percaya Tuhan. Menurutnya, theis atau orang yang percaya adanya Tuhan menjalani hidup lebih mudah dibanding dirinya yang atheis. Saat mereka melakukan kesalahan, mereka bisa dengan mudah “bertobat”. Sedangkan dirinya harus menghadapi persoalan tersebut seorang diri.
 

2. Angelina Jolie

Istri Brad Pitt sekaligus selebriti terkenal Angelina Jolie juga mengaku atheis. Makanya ia tak pernah terlihat dalam acara-acara keagamaan.
 

3. Daniel Radcliffe

Pemeran Harry Potter Daniel Radcliffe termasuk salah seorang di daftar artis ateis ini. Ia mengaku bukan orang yang bangga menjadi atheis. Meski demikian, ia sangat menghargai apa yang dilakukan “militan atheis” seperti Richard Dawkins.
 

4. Hugh Hefner

Bos Playboy Hugh Hefner mungkin akan membuat beberapa orang makin percaya bahwa atheis adalah kumpulan orang amoral. Yang dilakukan Hefner dengan majalah Playboy-nya memang tidak bisa diterima sebagian pihak. Tapi tidak semua atheis seperti Hefner. 
 

5. Brad Pitt

Sama seperti istrinya, Angelina Jolie, Brad Pitt juga mengaku atheis. Meski ia tak menyebut dengan definitif. Ia hanya mengatakan bahwa dirinya mungkin 20% atheis dan 80% agnostik.
 

6. Julianne Moore

Pemeran ibu Carry White yang begitu religius dalam film Carry, rupanya seorang artis atheis. Ia mengatakan dengan terang-terangnya sikap tersebut. Ketika ditanya seorang wartawan mengenai apa yang akan dilakukannya ketika bertemu Tuhan di surga, ia menjawab, “wow, aku salah, ternyata kau benar-benar ada!” Statemen gamblang Moore membuatnya sangat banyak ditempatkan di berbagai daftar artis ateis Hollywood.


7. Morgan Freeman

Freeman adalah seorang atheis, meski ia pernah beberapa kali memerankan Tuhan dalam film-filmnya. Ia menyatakan ia tidak memiliki konsep mengenai Tuhan dalam sistem kepercayaannya.
 

8. Jodie Foster

Si cantik Jodie Foster mengaku dengan terang-terangan bahwa ia seorang atheis. Tapi ia juga menekankan bahwa dirinya bukan anti religius. Foster masih sering dan bahkan menikmati perayaan keagamaan bersama keluarganya. Ia masih merayakan natal dengan segala pernak-perniknya.
 

9. Anie DiFranco

Kalau Hefner bisa digunakan sebagai bukti bahwa atheis itu tak bermoral, tidak demikian dengan DiFranco. Musisi sekaligus pejuang HAM ini konsisten menentang peperangan dan penindasan. Dan ia melakukan semua itu tanpa dorongan agama, sebab ia merupakan seorang atheis.
.

10. Fat Mike

Fat Mike pentolan grup NOFX bukan hanya atheis, tapi juga anti theis. Fat Mike pernah terang-terangan mengatakan bahwa dirinya benci agama seperti Islam, Kristen, dan Yahudi.

11. Björk

Musik unik Björk jelas asing bagi sebagian besar warga Indonesia. Demikian juga pandangannya mengenai Tuhan.

12. Bruce Lee

Legenda artis bela diri Bruce Lee juga tergolong artis ateis. Ia mengungkapkan keatheisannya dalam sebuah wawancara. Hal yang bisa dibilang tak mudah mengingat saat ia populer, publik Amerika belum begitu menerima seseorang yang atheis.

13. Keanu Reeves

Ada perdebatan mengenai apakah Reeves adalah penganut agama Buddha atau atheis. Hal yang sebenarnya tak perlu dikontroversikan mengingat bisa saja seorang buddhis adalah atheis.
 

14. Seth MacFarlane

Percaya tak percaya, hingga saat ini pun Amerika tidak seramah yang kita kira pada atheis. Menjadi atheis di Amerika memang tak akan membuat orang dianggap komunis seperti di Indonesia, tapi prasangka buruk jelas ada. Meski demikian, kondisi ini tidak membuat Seth MacFarlane diam pada pendapatnya. Ia terang-terangan mengaku bahwa ia bukan orang yang percaya Tuhan.

0 Response to "ussui Ini 14 Artis Ateis yang Tak Percaya Tuhan dari Brad Pitt sampai Bjork"

Post a Comment