Oh Ini Lagu-lagu Kontroversial yang Mengkritik Fenomena Beragama

Dari berbagai jenis lagu di pasaran, ternyata tak sedikit yang isinya mengkritik fenomena beragama. Beranikah Anda mendengar lagu-lagu kontroversial ini? Atau, jangan-jangan Anda sudah dengar tapi Anda tidak sadar bahwa lagu yang Anda sukai itu mengkritik agama? 

.

9 Lagu Atheis / Non Teistik 

  • The Answer – Bad Religion

Lagu-lagu Kontroversial yang Mengkritik Fenomena Beragama


The Answer sebenarnya lebih tepat disebut lagu agnostik. Pesan yang ingin disampaikan simpel: tak ada orang yang bisa menjawab kebenaran sejati. Dan bila Anda merasa sudah menemukannya, ya udah... gak perlu maksa orang buat ikutan. 

Itu adalah jawaban terbaik untuk Anda. Belum tentu buat orang lain demikian. Lagu ini diawali dengan lirik yang bercerita mengenai kisah orang-orang yang merasa mendapat jawaban. Namun, orang-orang tersebut berakhir menyedihkan setelah mencoba membagikannya pada yang lain. Tempo lagunya cukup slow. Tapi bukan slow ala lagu pop, karena band ini beraliran punk.
.
  • Atheist Peace – Bad Religion

Atheist peace seperti namanya jelas merupakan lagu ateis. Silahkan dengerin sendiri dah kalau "berani"... 
.
  • I Want To Conquer The World – Bad Religion

Pernah nonton “Religion is Bullshit” George Carlin? Film PK dari India?... maka ini adalah salah satu lagu yang bisa merangkum kisah/pesan tersebut. Liriknya super sarkas, mengisahkan seseorang yang pada dasarnya menggunakan agama untuk kepentingannya sendiri.
.
  • Imagine – John Lennon

Imagine tak ada agama! Begitu kata John Lennon. Rasanya ini utopia yang dibayangkan non teis karena terlalu lelah dengan banyak agama di dunia yang menyebabkan pertikaian. 
.
  • Seeing Double At The Triple Rock – NOFX

Kalau imagine sangat mellow dan I Want To Conquer the World penuh sindiran, maka lagu dari NOFX ini sangat frontal. Saya agak kelupaan liriknya. Tapi saya ingat benar isi video klipnya: di suatu klub, dimana orang-orang berdandan layaknya di gereja namun sedang pesta pora. Sarkas untuk umat beragama di Amerika!
.
  • Leaving Jesusland – NOFX

Masih NOFX, namun ini sebenarnya lebih tepat disebut lagu sekuler, bukan lagu ateis. Isinya masih mengenai sindiran pada orang-orang konservatif di Amerika Serikat.
.
  • God Is A Girl

Lagu ini berisi kritik agama sebagai lembaga untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Yang unik, yang jadi tuhan adalah seorang gadis. Dan argumen khas agama pun dicopas: Whatever you say, do you believe it? can you receive it?
.
  • American Jesus – Bad Religion

Lagi-lagi bukan lagu atheis sih. Lebih tepat disebut sekuler seperti Leaving Jesusland. Tidak semua atheis atau non teis akan cocok pula dengan isi lagu ini. Misalnya atheis yang nasionalis. Sebab lagu ini cenderung anti nasionalisme (seperti Imagine) juga.

0 Response to "Oh Ini Lagu-lagu Kontroversial yang Mengkritik Fenomena Beragama"

Post a Comment